3000 Sepatu Cantik Imelda Marcos

3000 Sepatu Cantik Imelda Marcos

3000 Sepatu Cantik Imelda Marcos

Berlibur ke Filipina tanpa menyempatkan diri untuk berkunjung ke salah satu museum sepatu milik mantan Ibu Negara Imelda Marcos, terasa kurang afdol bila tidak melihat 3000 sepatu cantik Imelda Marcos.

3000 Sepatu Cantik Imelda Marcos

Maka, disela-sela schedule berkunjung selama 4(empat) hari di Filipina, saya bersama Rahmah asal Maros yang bertugas sebagai Dosen Kimia di Palangkaraya (blogger Idblognetwork) yang bertugas beserta 2 orang kru ANTeve plus Mba Sandra dari Travel website menyempatkan diri untuk berkunjung dan meliput ke museum sepatu  terdekat dari tempat kami menginap yakni Museum Sepatu di Marikina / Manila

3000 Sepatu Cantik Imelda Marcos

Museum Sepatu Imelda Marcos: Museo Ng Sapatos - Lungsod Ng Marikina

Perjalanan kami tempuh dengan menggunakan taksi dengan tipe avanza. Oiya, sekedar info dan tips saat bepergian menggunakan taksi di Filipina yakni :

1. Maksimal total penumpang 1 + 3 orang, bila lebih, walaupun muat, kita akan dikenakan charge tambahan yang besarnya hampir 50% dari total argometer.

2. Lengkapi perjalanan kita menggunakan gps/penunjuk arah. Supir taksi sering ngga paham district-district yang hendak kita datangi.

3. Bila kita minta taksi untuk menunggu, mereka akan mengenakan charge tambahan yang besarnya dinegosiasikan. Jadi ngga kayak taksi di Indonesia yang baik hati.

Setelah menempuh 1,5 jam perjalanan, sampailah kami di depan  Museo Ng Sapatos – Lungsod Ng Marikina yang berarti : Museum Sepatu – City of Manila. Pintu depan dijaga oleh 2(dua) orang polisi wanita yang dengan ramah mempersilahkan kami untuk masuk ke dalam menuju meja penerima tamu.

Museum Sepatu Imelda Marcos : foto kenangan bersama Rahmah (jilbab) dan Mba Sandra

Museum Sepatu Imelda Marcos : foto kenangan bersama Rahmah (jilbab) dan Mba Sandra

Setelah membayar beberapa peso, kami diberikan beberapa brosur dan dipersilakan untuk mengambil gambar ataupun meliput museum yang tidak seberapa besar itu. Dannnn… inilahhh diaa.. koleksi vintage, klasik dari berbagai perancang sepatu terkenal dari mancanegara namun tetap membuat saya ternganga…

3000 Sepatu Cantik Imelda Marcos

3000 sepatu cantik Imelda Marcos
3000 sepatu cantik Imelda Marcos

Ditengah museum, menjulang sebuah tiang yang penuh dengan pola sepau yang terbuat dari kayu. Konon, seorang shoemaker memiliki minimal 1 pasang pola sepatu kayu dari tiap pelanggannya, mengingat seluruh sepatu yang dibuat adalah handmade dan juga dipamerkan berbagai alat untuk membuat sepatu.

Patung peraga - Tiang Pola Sepatu & Alat untuk membuat sepatu
Patung peraga - Tiang Pola Sepatu & Alat untuk membuat sepatu

Sambil berkeliling, seorang petugas jaga menjelaskan bahwa dibalik sifat boros Sang Ibu Negara, Imelda Marcos dalam berbelanja sepatu, beliau ternyata menyerahkan setiap model sepatu yang dibelinya dari para perancang sepatu luar negeri seperti Jimmy Choo, Alexander McQueen, dan YSL kepada para pengrajin sepatu di berbagai daerah ; gunanya agar mereka dapat langsung meniru, dibuat massal dan dijual dengan harga terjangkau. Dan inilah yang dapat menghidupi industri kecil di Filipina hingga sekarang.

Dan… cerita yang sama saya dengar dari pengemudi taksi serta tourguide kami… Well, setiap cerita pasti selalu memiliki 2 versi ibarat mata uang logam

3000 sepatu cantik Imelda Marcos

 

6 thoughts on “3000 Sepatu Cantik Imelda Marcos

  1. Bagi seorang ratu hal itu tidak mustahil. Karena seorang ratu harus tampil selalu berwibawa di depan rakyatnya. Lihat saja tuh artis2 kalau lagi bedah rumah, sepatunya saja punya lemari sendiri, apalagi ratu. Tapi dibalik itu ada benarnya juga dibuat sebuah musium, sebuah penghormatan kepada ratu sehingga sepatu masih disimpan dan sebagai sumber pendapatan negara dalam pariwisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *