Kartini Next Generation 2013 : Inspiring Woman in ICT

Kartini Next Generation 2013 : Inspiring Woman in ICT

Kartini Next Generation 2013 : Inspiring Woman in ICT

Medio Maret 2013, Saya dikontak oleh Bang Irwin @Tayuang. Beliau mengajukan nama saya untuk ikut dalam lomba Kartini Next Generation 2013 yang diadakan oleh Kemenkominfo.

Kartini Next Generation 2013 : Inspiring Woman in ICT  ( Foto oleh Yulia Rahmawati)

Reaksi saya yang pertama adalah terdiam dan kaget. Bukan apanya, walaupun Kartini sudah menjadi bagian dari silsilah keluarga kami, namun rasanya title kegiatan tersebut memiliki tanggung jawab yang berat. Saya sebagai salah satu pendiri Idblognetwork.com dengan total member 12.000-an blogger,  telah melihat dan menjalani milestone kami yang terasa masih di tahap awal.

Kartini Next Generation 2013 : Inspiring Woman in ICT – Ramah tamah & Sharing dengan Bapak Menkominfo Tifatul Sembiring
Kartini Next Generation 2013 : Inspiring Woman in ICT – Ramah tamah & Sharing dengan Bapak Menkominfo Tifatul Sembiring ( Foto oleh Irwin @Tayuang)

Pekerjaan Rumah kami masih sangat panjang dan banyak. Blogger atau narablog sebagai salah satu citizen journalism di Indonesia masih belum banyak memperhatikan, menjaga dan mempertahankan kualitas konten mereka. Bayangkan, dalam konteks ekonomi kreatif,  konten merupakan salah satu “warisan” yang dapat memperkaya dan diwariskan suatu bangsa turun-temurun. Kita tentu tidak lupa terhadap manuskrip, epos terpanjang di dunia hasil karya anak bangsa LA GALIGO dari abad ke-14 yang telah mendapat penghargaan MOW (Memory of The World) dari UNESCO dan telah dipentaskan di berbagai teater tingkat dunia oleh Sutradara kenamaan Robert Willson sejak tahun 2004.

Piagam La Galigo Memory of The World – UNESCO

Dengan berkembangnya peradaban dan teknologi, konteks Konten menjadi begitu kaya dan dalam waktu yang hampir bersamaan dapat menjadikan  si pemilik Konten memperoleh income dari konten yang diproduksi; dalam konteks lingkup bisnis Idblognetwork.com, value konten yang dihasilkan dapat memberikan menjadikan blogger atau narablog sebagai blogpreneur. Dan saat ini, Alhamdulillah kami telah merangkul teman-teman dari Sabang hingga Merauke.

Pernah disuatu hari, saya bertemu dengan para pebisnis e-commerce dari Jepang. Mereka luar biasa semangatnya melakukan kunjungan ke Jakarta untuk melihat peluang “pasar digital” di Indonesia. Bagi Mereka, Indonesia sangat “subur”. Budget iklan Digital 2012 (saja) hampir menyentuh angka Rp1 Triliun>WOW! Dimana penyerapannya masih dominan dilakukan oleh produk media digital dari luar Indonesia (targeting UIP Indonesia ); Mixed feeling banget rasanya. Ibarat pepatah : Kuman di seberang lautan tampak; Gajah di pelupuk mata tak terlihat.

Mungkin… Faktor demografis Indonesia, Faktor Pemerataan dan Faktor-Faktor lainnya membuat Indonesia secara “digital ecosystem” tertinggal 10 tahun dari Jepang dan Amerika, namun kita harus mulai berusaha dari sekarang. Indonesia harus menjadi produsen, pelaku, penggiat dan penikmat “kue” iklan digital.

Sejak tahun 2010 hingga sekarang, setiap tahunnya Idblognetwork.com rutin melakukan roadshow totalnya hingga tahun ini ada 18 (delapan belas) kota dimana 7 jurus ampuh ngeblog untuk menjadi blogpreneur, rajin kami tularkan. Terkadang dibeberapa kota kami berjumpa dan berinteraksi dengan rekan-rekan RelawanTIK yang juga aktif mengadakan sosialisasi dan edukasi mengenai TIK. Demikian juga di pedesaan bersama @desamembangun dan @blognusantara.

Jalan masih panjang… Harus tetap optimis karena “jalan” sudah ada, sdm sudah ada, tinggal bagaimana “puzzle berserakan” ini sama-sama disusun. SEMANGAT!

13 thoughts on “Kartini Next Generation 2013 : Inspiring Woman in ICT

  1. Iya, Mbak. Konten positif memang sangat diperlukan agar internet menjadi tempat yang nyaman untuk belajar, berselancar, belajar dan mengimbangi konten negatif. Semangat! 🙂

  2. Maju terus mbak Rika dan tetaplah menjadikan IDBlognetwork sebagai pilar yang kokoh untuk menyokong dan menyebarluaskan konten-konten internet yang positif. Salut atas prestasinya ini 🙂

  3. wahh..gak nyangka…mbak Rika dpt penghargaan Inspiring Woman..
    saya suka banget dgn pernyataan ini “konten merupakan salah satu “warisan” yang dapat memperkaya dan diwariskan suatu bangsa turun-temurun”…
    saya siap jg menjaga konten blog informatif dan berkualitas 🙂

  4. Alhamdulillah akhirnya bisa kenal dengan Wanita Inspiratif seperti mbak Rika…

    Yup, akan selalu memberikan konten positif 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *