MOM SHARING : AIR PUTIH MINERAL UNTUK MENJAGA KESEHATAN RONGGA MULUT & GUSI PADA BAYI

MOM SHARING : AIR PUTIH MINERAL UNTUK MENJAGA KESEHATAN RONGGA MULUT & GUSI PADA BAYI

MOM SHARING :  AIR PUTIH MINERAL UNTUK MENJAGA KESEHATAN RONGGA MULUT & GUSI PADA BAYI

Saat ini Saya memiliki seorang bayi mungil berusia 10 bulan bernama Fatimah. Bidadari kecil ini telah menjadikan saya seorang Ibu “baru” lagi.  Jarak 6 tahun dari si Sulung membuat saya harus belajar A-B-C perawatan bayi.

Saat Fatimah baru berusia 2 hari misalnya, Fatimah mendapat bilirubin tinggi. Batas normal bilirubin adalah 12; saat itu Fatimah 14. Duhhhh, dunia seperti mau runtuh. Ia harus di-sinar biru di ruangan NICU selama 3x24jam untuk mengembalikan bilirubinnya ke batas normal. Saya yang masih tertatih-tatih karena operasi caesar turun dari lantai 3 ke lantai 2 untuk setiap 2(dua) jam sekali memberikan ASI kepada Fatimah.

MOM SHARING :  AIR PUTIH MINERAL UNTUK MENJAGA KESEHATAN RONGGA MULUT & GUSI PADA BAYI
MOM SHARING : AIR PUTIH MINERAL UNTUK MENJAGA KESEHATAN RONGGA MULUT & GUSI PADA BAYI : Bunda & Fatimah

Mengapa tidak memompa ASI dan menstok di NICU? Karena saya pernah membaca disebuah referensi bahwa ikatan batin antara Ibu dan bayinya telah terjalin sejak ia didalam kandungan. Saat bayi  baru lahir dalam kondisi sakit, hal yang terbaik untuk dilakukan adalah berada disampingnya, memeluknya, memberikan ASI langsung sambil menguatkan hatinya dengan kata-kata lembut. Degup jantung kita yang tenang niscaya akan menguatkannya dan mempercepat proses pemulihannya.

MOM SHARING :  AIR PUTIH MINERAL UNTUK MENJAGA KESEHATAN RONGGA MULUT & GUSI PADA BAYI

Usia bayi dari 0 hingga 6 bulan memerlukan asupan hanya ASI Exclusive dari sang Ibu.  Nah saat ia berusia diatas 6 bulan, bayi membutuhkan MP-ASI. MP adalah singkatan dari Makanan Pendamping, dimana ASI tetap dianjurkan untuk diberikan hingga bayi berusia 24 bulan. Mengapa bayi butuh MP-ASI? Hal ini dikarenakan tubuh mungilnya sudah mulai menghimpun energi untuk memboosting pertumbuhan tubuh dan otaknya. Pencernaan bayi sudah mulai berkembang dan kuat untuk menerima MP-ASI.

Walaupun belum memiliki gigi, perawatan rongga mulut dan gusi bayi sangat penting diperhatikan oleh Ibu sejak dini.  Tumpukan sisa susu formula dan bubur dalam rongga mulut bayi dapat menyebabkan bau mulut dan kerusakan gigi nantinya.  Oiya,  jangan membiasakan bayi kita  tertidur dengan botol susu masih berada dalam mulut, cairan susu formula yang manis akan sedikit-banyak menggenangi gusi dan mulut,  bila dibiarkan terus-menerus dapat menimbulkan kerusakan nantinya.

Untuk menjaganya, setiap kali sehabis minum susu formula atau makan bubur, Fatimah selalu saya berikan 7-12 sendok air mineral atau air putih dengan menggunakan sendok bayi lunak.  Jangan lupa untuk membiasakan si bayi diatas usia 6 bulan ini untuk makan sambil didudukkan di kursi makan khusus bayi.  Ajarkan dia displin sejak dini.

MOM SHARING :  AIR PUTIH MINERAL UNTUK MENJAGA KESEHATAN RONGGA MULUT & GUSI PADA BAYI

Selain displin, Ibu juga lebih mudah menyendokkan air putih mineral ke mulutnya yang mungil, sambil membangun interaksi  tatap mata dan berbicara lembut dengannya.  Gunakan air putih mineral yang baik dan aman serta bebas bakteri. Biasakan agar menggunakan air bersuhu hangat suam-suam kuku.

Sebagai seorang “Ibu baru” saya juga mencari referensi  artikel-artikel mengenai kesehatan Ibu P&L (pregnant & lactating / hamil & menyusui ) di http://www.kasihibu.com; Ada juga tips-tips yang berguna bagi Ibu pada saat kehamilan dan merawat bayi. Jagalah senyum dan kesehatan bayi kita selalu.

MOM SHARING :  AIR PUTIH MINERAL UNTUK MENJAGA KESEHATAN RONGGA MULUT & GUSI PADA BAYI


6 thoughts on “MOM SHARING : AIR PUTIH MINERAL UNTUK MENJAGA KESEHATAN RONGGA MULUT & GUSI PADA BAYI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.