Diary Gizi Anak : NUTRISI, Faktor Penting buat Anak tumbuh sehat, kuat dan cerdas

Diary Gizi Anak : NUTRISI, Faktor Penting buat Anak tumbuh sehat, kuat dan cerdas

Diary Gizi Anak : NUTRISI, Faktor Penting buat Anak tumbuh sehat, kuat dan cerdas

Menjadi Ibu dari 2 orang anak, dimana yang sulung saat ini berusia 7 tahun dan yang bungsu berusia 11 bulan memang harus sangat jeli dan teliti dalam mengatur asupan mereka.

“Anak adalah belahan jiwa, dan Anak adalah investasi hidup kita” demikian beberapa perkataan teman. Oleh karena itu, selain pendidikan dan budi pekerti yang baik untuk anak-anaknya, para Ibu juga harus memberikan NUTRISI bagi buah hatinya, sejak merencanakan kehamilan.

Nutriclub1  Ibu perlu makanan cukup NUTRISI mulai pada saat hamil (masa pembentukan janin) hingga saat menyusui untuk meningkatkan mutu dan kualitas ASI. Asupan NUTRISI pada masa tersebut sangat penting diperhatikan karena akan menentukan pembentukan dan perkembangan serta fungsi organ tubuh hingga masa dewasa.               

 Kekurangan maupun kelebihan nutrisi pada saat awal kehidupan dapat meningkatkan risiko terbentuknya penyakit tidak menular seperti obesitas, penyakit jantung maupun diabetes di kemudian hari**. Ada 3 sistem organ penting yang dipengaruhi oleh asupan NUTRISI sejak dini yakni:  imunitas (immunity), perkembangan otak (brain), dan pertumbuhan fisik (growth).

Sumber-sumber NUTRISI penting bagi para Ibu saat hamil dan menyusui adalah sayuran hijau, protein hewani & nabati seperti yang terdapat pada ikan, telur dan tempe-tahu, karbohidrat secukupnya, buah-buahan dan susu.

 Dengan NUTRISI, janin tersebut akan berkembang menjadi bayi yang memiliki sistem imun / daya tahan yang baik.

Saya masih teringat saat baby Fatimah lahir, dia memiliki kadar bilirubin tinggi. Dokter yang merawat, meminta saya untuk tetap tenang, makan-makanan bergizi serta terus memberi ASI eksklusif setiap 1,5jam sekali.

Nah, sekarang saat Fatimah menginjak  usia 10 bulan, Saya mulai memberikan NUTRISI dari makanan dan minuman yang dapat membantu memperkuat sistem imunitasnya.

Saat ini, Baby Fatimah, berada dalam masa Golden Age, yakni masa keemasan. Perkembangan otak pada masa ini menentukan kecerdasan dan prestasinya hingga dewasa. Anak dengan perkembangan otak yang baik tumbuh lebih pintar dan kreatif.

Harus diingat! Otak dan sistem syaraf merupakan organ pertama yang dibentuk pada masa awal kehamilan.  Ibu hamil harus mengoptimalkan NUTRISI pada minggu-minggu awal kehamilan, misalnya kekurangan asam folat, akan menyebabkan terganggunya pembentukan otak dan sistem syaraf pada janin atau bayi kita.

nutriclub3

Nah, tahap berikutnya adalah perkembangan otak anak yang sangat pesat terjadi di trimester ketiga kehamilan hingga anak berusia 3 tahun*. Sangat penting untuk memberikan asupan NUTRISI yang terbaik bagi perkembangan otak sejak dalam kandungan hingga masa anak-anak.

Pada masa tersebut, selain dengan stimulasi sensorik maupun motorik, kita juga  dapat sekaligus memaksimalkan perkembangan otak anak dengan memberikan asupan zat-zat gizi seperti omega 3, omega 6, dan DHA. Zat besi juga berperan penting karena mengangkut oksigen ke otak, yang mengakibatkan konsentrasi anak meningkat.

Selain masa Golden age perkembangan Otak, kita juga harus memdukung laju pertumbuhan fisik anak. Yang paling cepat terjadi pada anak sejak masih dalam kandungan di trimester kedua dan ketiga, serta pada masa 5 tahun pertamanya, khususnya hingga usia 2 tahun.

Dalam periode ini, terjadi banyak pembentukan sel-sel tubuh, sehingga sangat penting untuk mendapat asupan protein yang cukup. Zat-zat bergizi lain yang dapat diberikan Ibu untuk mengoptimalkan pertumbuhan fisik anak adalah kalsium, vitamin D, dan zinc.

Sumber protein hewani (telur, susu, daging, ikan) mengandung asam amino esensial yang lengkap untuk membangun sel tubuh. Kalsium, vitamin D, dan zinc berperan penting dalam pembentukan tulang dan berbagai proses metabolisme lainnya. Salah satu sumber kalsium adalah susu, sedangkan kandungan zinc banyak terdapat pada sumber hewani seperti makanan laut.

Karena itu masa awal kehidupan menjadi masa penting bagi para Ibu untuk memberikan asupan zat-zat gizi yang dapat memaksimalkan pertumbuhan fisik anak.

Oiya, menjadi Ibu jaman sekarang lebih mudah lho, berbagai informasi bisa dengan mudah kita dapatkan via internet maupun media sosial seperti facebook. Salah satu sumber informasi tepercaya  yang bisa diakses adalah www.nutriclub.co.id atau facebooknya di Nutriclub Indonesia – rameee lhooo, kita bisa bertukar pikiran dengan para Ibu di seluruh Indonesia.  Jangan lupa untuk selalu keep in touch dengan dokter untuk perkembangan anak kita tercinta.

*Sumber: Early Life Nutrition Science (Why is “most of the development of the baby is determined by the environment” and not by “the genes you inherit at conception”? ) –  Dr. Eline Van Der Beek (2012)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *