Mirza sunatan dan 3 keinginannya

Mirza sunatan dan 3 keinginannya

Mirza sunatan dan 3 keinginannya

Sudah lama banget saya tidak menceritakan tentang Mirza, anak pertama saya yang punya banyak kelebihan. Terakhir postingan tentang dia adalah pada tahun 2013, saat dia hilang (baca tentang Mirza Hilang di sini).   Saat ini, Mirza berumur 11 tahun, sudah mulai ABG, akil-baliq dan suaranya sudah serak-serak manjah… hehehe…

Sebelumnya Saya ingin cerita sedikit flash back tentang Mirza. Jadi Mirza ini anak dengan Sindrom Asperger, untuk detailnya kalian bisa googling sendiri ya… Seperti ciri-ciri anak asperger pada umumnya, Mirza memang masih perlu di-improve untuk komunikasi lisan, cara penerimaaan lelucon dan berimajinasi. Sebagai anak asperger, yang sering disebut “profesor kecil” sejak Mirza menginjak usia SD, mulai terlihat bahwa dia tipikal Auditory intelligence ( learning by hearing).

Auditory Intelligence adalah belajar dengan gaya mendengarkan guru, trainer atau seseorang yang mengajarkan suatu pelajaran. Ciri dari anak yang belajar dengan gaya belajar ini adalah anak sangat suka belajar melalui ceramah, diskusi, rekaman radio atau kalau dalam pengalamannya Mirza, dia banyak mendownload dari youtube.  Anak yang menggunakan gaya belajar ini dapat mengingat dengan baik jika mendengarkan atau membaca suatu materi pelajaran dengan suara keras.

Salah satu hasil dari cara pembelajaran dia saat ini adalah Mirza (alhamdulillah) dengan mudahnya menghafalkan Al Quran. Sudah 3 tahun berturut2 ini, dia menjadi Hafidz Quran terbaik di sekolah… Subhanallah… beda banget dengan kami, kedua orangtuanya. Ya Alloh.. Engkau sungguh Maha Pengasih, Pemurah dan Penyayang.

Internet dan tablet pc menjadi salah satu media pembelajaran dia. Di salah satu waktu luangnya, Mirza sangat suka ber’selancar’ menonton postingan vlog kuliner Indonesia, dan yang menjadi salah satu favorit sekaligus idolanya dia adalah Mas GERRY GIRIANZA. Saking nge-fansnya Mirza suka banget nonton akun youtube Gerry Girianza berulang-ulang. Buat Dia, idolanya ini sangat ekspresif, salah satu hal yang dia masih harus banyak pelajari as an asperger person. Banyak kata dan kalimat yang dia mimic-ing termasuk “AYO MAKAN” ala Gerry Girianza.

                                                                   Gerry Girianza, Idolanya Mirza

Sebagai orangtua dengan anak asperger, kami memang selalu diingatkan oleh psikolog untuk men-filter dengan ketat,  figur-figur orang yang boleh memberikan influence secara langsung atau tidak langsung kepada Mirza. Biar bagaimanapun, Mirza perlu belajar “cara bercanda atau bahasa non-formal atau bahasa gaul” Dia sangat terstruktur EYD saat ini dalam berkomunikasi.

Hari Minggu tanggal 09 Juli 2017 lalu, Mirza disunat. Sebagaimana layaknya orangtua, kami berjanji kepadanya bahwa Mirza boleh minta 3(tiga) barang atau 3(tiga) hal kalau dia kuat dan berani disunat. Diluar dugaan, Mirza sangat santai menghadapi dokter sunatnya, bahkan dia membacakan An-Naba sebanyak 40 ayat… Dokternya sampai takjub…hehehehe…

Nahhh… berhubung Mirza telah melewati challenge “sunat” dengan gagah perkasa dan santai, maka sebagai orangtua yang memegang janji, maka malam harinya kami bertanya kepada Mirza, apa saja 3(tiga) keinginannya. Berikut list-nya :

  1. Stik Android Ipega Pg-9023 Bluetooth controller, Nah kalau ini mah, kami langsung browsing ke beberapa e-commerce, dapat yang cocok di akulaku.com ; estimasi pengiriman dalam minggu ini.
  2.  Permintaan kedua, bikin kami berdua tertegun sekian detik… Dan akhirnya saya memutuskan untuk membuat artikel ini. Mirza ingin ketemu dengan idolanya, Mas GERRY GIRIANZA, dibuatkan dan makan bareng NASI GORENG KORNET. Coba tuuuhh.. gimana caranya saya menghubungi beliau ini… Ya udah saya minta Mirza untuk berbicara, saya rekam, dan lucunya adalah dia berjanji, kalau Mas GERRY GIRIANZA mau meluangkan waktunya dengan Mirza, maka Mirza akan membacanya surah yakni Al Ma-arij (Arabالمعارج , “Tempat-Tempat Naik”) adalah surah ke-70 dalam al-Qur’an. Surah ini tergolong surah Makkiyah yang terdiri atas 44 ayat. Dinamakan Al Ma’aarij yang berarti tempat naik diambil dari perkataan Al Ma’aarij yang terdapat pada ayat ke 3 surat ini. Para ahli tafsir memberikan beberapa penafsiran mengenai hal ini di antaranya langit, nikmat karunia dan derajat atau tingkatan yang diberikan Allah SWT kepada ahli surga. [ sumber wikipedia]

Kami memberikan pengertian untuk Mirza agar bersabar… dan Mirza bilang “Iya Bunda.. Mirza akan sabar dan mendoakan agar Mas Gerry diberi rezeki dan kemudahan, agar nantinya bisa ketemu Mirza… Ya ampun.. you are an angel to me, anakku… Semoga ada teman-teman yang baca tulisan saya ini dan bisa membantu. Berikut video Mirza :

Mirza sunatan dan 3 keinginannya

 

2 thoughts on “Mirza sunatan dan 3 keinginannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *