SARUBOBO, BONEKA KEBERUNTUNGAN ALA JEPANG

SARUBOBO, BONEKA KEBERUNTUNGAN ALA JEPANG

SARUBOBO, BONEKA KEBERUNTUNGAN ALA JEPANG

Pernah melihat souvenir khas Jepang berbentuk boneka manusia tanpa wajah? Kalau belum pernah, ini saya kenalkan dengan SARUBOBO. Boneka ini saya beli sebagai oleh-oleh saat awal tahun silam jalan-jalan ke Jepang. Boneka ini adalah souvenir khas prefektur GIFU, desa Shirakawa-GO. SarubObo berasal dari kata “saru” atau “kera” dan “bobo” atau “bayi”.  Jadi, Sarubobo memiliki arti sebagai bayi kera. Sarubobo adalah maskot kebanggaan Regional Hida. Jadi nggak salah bila kamu menjumpai boneka ini saat memasuki toko-toko suvenir di area Gifu.

SARUBOBO, Boneka Keberuntungan Ala Jepang

 

SARUBOBO adalah jimat berbentuk boneka manusia berwarna merah, tidak memiliki wajah, dan dibuat dalam berbagai ukuran. Menurut tradisi, SARUBOBO dibuat oleh para nenek untuk cucu mereka sebagai mainan boneka, atau kepada para anak perempuan mereka sebagai jimat keberuntungan supaya keturunan mereka kelak mendapatkan jodoh yang baik, mendapatkan pernikahan yang langgeng, mendapatkan anak yang berbakti pada orang tua, dan berbagai hal baik lainnya.

SARUBOBO, BONEKA KEBERUNTUNGAN ALA JEPANG

Mengapa jimat keberuntungan ini diberi nama seperti itu? Ada beberapa hal yang melatarbelakanginya, yaitu dengan dikaitkannya SARUBOBO dengan 3 permohonan. Pertama:  Permohonan akan perlindungan dari hal-hal yang buruk. Di Jepang, kata “pergi” diterjemahkan sebagai “saru”, jadi dengan memiliki boneka ini  berarti diharapkan hal-hal yang buruk akan “pergi”.

Kedua: Permohonan akan sebuah tempat tinggal yang bahagia dan pasangan yang baik. Di Jepang, tempat tinggal yang bahagia adalah “kanai enman”, sementara pasangan yang baik adalah “ryo-en” (cara lain mengatakan “saru” adalah “en”).

Ketiga:  Permohonan untuk dimudahkan dalam proses persalinan. Dalam dunia hewan, kera disebut-sebut sebagai hewan yang selalu memiliki proses kelahiran yang mudah. Sebagai tambahan, wajah SARUBOBO memiliki warna merah, sama halnya seperti wajah bayi kera.

Boneka SARUBOBO ini dijual dalam berbagai bentuk seperti pajangan meja, gantungan kunci, aksesori Hape dan Tas. Warnanya pun bermacam-macam. Yang umum adalah SARUBOBO berwarna merah.

SARUBOBO, BONEKA KEBERUNTUNGAN ALA JEPANG (ADA VARIAN WARNANYA)

Saat berkunjung ke Desa Shirakawa-GO awal tahun, musim dingin (winter) sedang melanda seantero Jepang. Desa ini termasuk daerah yang diselimuti salju tebal. Hanya perlu waktu 30 menit untuk mengelilingi tempat ini.

 

Didekat jalan utama, saya mampir di dalam satu toko souvenir, sayangnya dilarang memotret. Jadi saya hanya membeli beberapa postcard, coklat dan boneka SARUBOBO. Oiya, jangan lupa untuk memperhatikan warna SARUBOBO yang dibeli. Umumnya memang berwarna merah dengan berbagai ukuran. Namun, kini mulai muncul SARUBOBO dengan banyak warna, seperti hitam, ungu, kuning, dan lainnya. Tiap warna pun punya arti yang berbeda. Nahhh… biar gak salah beli, coba sesuaikan dengan warna dibawah ini:

♦Kuning: uang dan sukses dalam finansial

♦Merah: keluarga dan pernikahan

♦Emas: uang dan sukses

♦Pink: cinta

♦Biru: pekerjaan atau sekolah

♦Hijau: kesehatan dan kedamaian

♦Ungu: umur panjang dan sukses

♦Hitam: perlindungan dari setan.

Sumber :

https: //www.jalan2kejepang.com/blog/boneka-sarubobo.html

http ://jpninfo.com/id/3373

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *