HongKong MRT Train, pilihan transportasi tepercaya

HongKong MRT Train, pilihan transportasi tepercaya

HKDisneyland Train Station

 

Bila kita hobi traveling, hal-hal apa sih yang harus kita ketahui detail tentang kota atau negara yang ingin kita kunjungi. Beberapa poin penting yang mendasar adalah masalah adat-istiadat / kultur, bahasa, nilai mata uang, jenis makanan-minuman, penginapan dan yang tidak kalah pentingnya adalah transportasi. Berpetualang atau jalan-jalan menikmati atmosphere sebuah kota atau negara yang menjadi tujuan wisata kita, saya sarankan sebisa mungkin menggunakan sarana transportasi umum selain taksi.  Dari situlah “petualangan” kita dimulai.

HongKong MRT Train

 Di HongKong, sarana transportasi-nya cukup maju dan modern. Selain mobil taksi dan bus, kita dapat memilih HongKong MRT  Train (Mass Rapid Transportation). Saat mencoba MRT Train ini, saya dan rombongan blogger Idblognetwork.com sebanyak 8(delapan) orang  start dari stasiun kereta HKDisneyland. Saran saya, bila berencana tinggal lama di HongKong (kurang lebih 1 minggu – 1 bulan) maka perlu banget untuk membeli Octopus Card yang bisa meng-cover berbagai rute perjalanan. Namun bila hanya berkunjung selama weekend atau akhir pekan, lebih baik membeli kartu sekali jalan. Cara mendapatkan kartunya mudah sekali. Kita cukup mampir ke stasiun terdekat. Cari papan jalur petunjuk Informasi Jalur MRT Train, Pilih Stasiun yang dituju sesuai dengan lokasi yang kita inginkan. Setelah itu, kita cukup menghampiri mesin Kartu (mirip ATM). Pilih stasiunnya. Mesin Kartu akan memberikan informasi nominal pembayaran. Setelah itu kita tinggal memasukkan uang koin atau uang kertas. Mesin akan memproses dalam hitungan detik. Setelah itu Kartu Hongkong MRT Train akan keluar disertai uang kembalian (bila kita ngga punya uang pas).

Left-Right : Papan Informasi Transportasi Digital bergantian antara Taksi, Bus dan MRT Train - Mesin Kartu MRT Train
Left Right : HKDisneyland MRT Train Station - Berbondong-bondong naik MRT Train yang berhenti hanya 5 menit
Left Right : HKDisneyland MRT Train Station - Berbondong-bondong naik MRT Train yang berhenti hanya 5 menit[/caption]

Setiap jalur menghubungkan berbagai Train Station bawah tanah setinggi 1-3 level tingkat. Jalur-jalur tersebut akan menghubungkan Stopper /pemberhentian yang langsung tersambung (connected level) dengan Pusat Perbelanjaan modern seperti The Langham Place atau kawasan bermain HongKong Disneyland. Uniknya lagi,  HongKong MRT Train yang menuju Hongkong Disneyland  didekorasi khusus dari eksterior hingga interiornya menyerupai image ikon Mickey Mouse.

Interior MRT Train HKDisneyland
Interior MRT Train HKDisneyland

Didalam Hongkong MRT Train yang melesat 100-200km/hour, situasinya tetap nyaman. Air conditioner terasa sejuk, sudut kereta super bersih, dan harum.. Bahkan dengan berdiripun, kita tidak akan merasa lelah karena tiap sudut ada tempat bersandar dan para pengguna jasa MRT Train yang super tertib.

 

Suasana dalam MRT Train yang penuh _ Jalur MRT Train yang gampang dibaca dan Online
Suasana dalam MRT Train yang penuh _ Jalur MRT Train yang gampang dibaca dan Online

Tidak kalah nyaman, bersih dan tertibnya jalur kereta, Stasiun, dan Downtown Kota HongKong. Sejauh mata memandang, tiap detail bangunan, lantai dan interior Stasiun kereta, semuanya berdesain minimalis-modern tanpa ada sampah dan pemandangan kumuh lainnya.

Pemandangan Sunny Bay Rail dan Pemandangan kota MACAU dari dalam Kereta
Pemandangan Sunny Bay Rail (*bebas sampah) dan Pemandangan kota MACAU dari dalam Kereta
Sunny Bay Train Station sekaligus narsis bersama (*kebiasaan blogger yang wajib ditiru)
Sunny Bay Train Station sekaligus narsis bersama (*kebiasaan blogger yang wajib ditiru)

HongKong MRT Train, pilihan transportasi tepercaya

Cerita mengenai Stasiun kereta dan Downtown Kota Hongkong berikutnya akan dipublish segera. Terima kasih banyak untuk Om Priyadi dot net yang telah men-share sebagian besar foto-foto dalam artikel ini ^_^

 

18 thoughts on “HongKong MRT Train, pilihan transportasi tepercaya

  1. Meski belum sempat mencicipi MRT Hongkong yang penuh dengan aksen Mickey itu tapi saya sudah mencoba naik MRT Jakarta di Jakarta Fair kemarin lho, Mbak..
    *mengobati rasa pengen* 🙂

  2. Hebat mba, daripada uang rakyat hanya dipake jana-jalan saja sama anggota DPR yang gak jelas tujuannya, mendingan dibangun yang kayak gitu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.