RA Kartini & 1001 perempuan yang berpengaruh di dunia (sosial)media

Menjelang tanggal 21 April tahun ini, kok rasanya tergelitik untuk menulis tentang semangat dan emansipasi perempuan, yang kalau di Indonesia menokohkan Raden Ajeng Kartini.

 

RA Kartini & 1001 perempuan yang berpengaruh di dunia (sosial)media

Sewaktu di sekolah dasar, semangat beliau hanya kami kenal dengan berpakaian adat daerah ke sekolah kemudian   mengadakan karnaval kecil-kecilan disertai dengan membawa snack (makanan ringan) dan pertunjukan di sekolah. Hingga hari ini, kegiatan tersebut masih berlangsung dan semangat “hore-hore” anak-anak yang mengikuti acara tersebut rasanya keceriaan dan meriahnya masih sama seperti saya dulu.

Poin lain yang menggerakkan saya untuk menulis artikel ini adalah karena saya telah menikah selama hampir 7 (tujuh) tahun dengan salah satu keturunan RA. Kartini dan K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojo Adhiningrat, seorang bupati dari Rembang. Yuppp.. seperti model keluarga Jawa pada umumnya, pertemuan keluarga rutin diadakan tiap bulan di rumah keturunan Beliau. Apalagi menjelang tanggal 21 April seperti ini, biasanya akan dikirimkan utusan keluarga dari berbagai daerah untuk khusus nyekar ke makam Beliau di Rembang.

Satu hal yang menjadi “kekuatan” RA Kartini pada waktu itu, adalah keinginan kuatnya untuk memajukan perempuan di masa itu dan menuangkannya dalam tulisan di media. Walaupun tidak semua buah pikirannya mengenai keinginannya memajukan peran perempuan, namun menurut saya, Beliau memahami bahwa sebuah cita-cita emansipasi perempuan adalah konsep baru yang tidak lazim di zaman itu dapat ditularkan melalui  “umpan-feedback” melalui media. Lihat saja, teman korespondensi beliau tersebar hingga luar negeri, khususnya Belanda. Saya yakin, bila beliau hidup di jaman sekarang, pastilah akun facebooknya lebih dari satu, follower twitternya jutaan.

Kemudian ada 1001 perempuan, siapa aja? Well, kalau disebutkan, rasanya list-nya ngga bakal kelar dengan sejumlah prestasi dan kontribusinya kepada lingkungannya. Nah, dalam artikel ini saya mau membahas beberapa diantaranya tanpa mengurangi rasa hormat terhadap yang lain. Beberapa diantaranya adalah Beyonce dan Lady Gaga.

Apa hubungannya dengan Beyonce dan Lady Gaga yang notabene lebih seorang biduanita negeri adikuasa, Amerika? Well… to be honest, ngga ada hubungan langsung sih.

Untuk Beyonce, terus terang selain saya kagum akan kariernya yang cemerlang sejak Destiny Child kemudian beralih ke Solo artist, ada satu lagunya yang berkesan banget buat motivasi diri (baca : perempuan). Judulnya Run The World.

RA Kartini & 1001 perempuan yang berpengaruh di dunia (sosial)media

Coba lihat cuplikan lirik lagunya :

My persuasion can build a nation
Endless power
With our love we can devour
You’ll do anything for me

[Chorus:]
Who run the world? Girls! [x4]
Who run this motha? Girls! [x4]
Who run the world? Girls! [x4]

Mantabs khan? Lirik ini bisa bikin kita, para perempuan jadi pede dan termotivasi positif ^_^. Sama hal-nya dengan Lady Gaga. Perempuan muda dengan julukan mother monster ini merupakan manusia no.1 paling berpengaruh di dunia.

Selain memiliki little monsters (julukan bagi fans Lady Gaga) ; Doi juga merupakan perempuan dengan follower twitter terbanyak di dunia, yakni sekitar 23jutaan followers. Lady Gaga adalah perempuan yang memiliki talenta musik keren disertai dengan profesionalitas serta sangat jago mempromosikan diri via sosial media. She is so cool. indeed. Diluar “konteks miring” mengenai cara berpakaiannya bagi sebagian orang ^_^.

RA Kartini & 1001 perempuan yang berpengaruh di dunia (sosial)media

Kemudian nama terakhir adalah Sheryl Sandberg… Nah kalau ini baru banget jadi perempuan inspiring-ku. Karena baca sebuah artikel cnn.com yang berjudul 10 most powerful women in tech yang di-tweet oleh @Amriltg ; saya jadi sangat kagum dengan beliau ini.

Kelahiran tahun 1969, tapi sudah sukses menjadi COO Facebook berpenghasilan USD30millions (berapa tu kalau di-rupiahkan) … Selain ngiler liat angka tersebut, saya juga yakin banget bahwa talenta beliau ini pasti super tajam dan jenius banget. Ngga kebayang betapa sibuknya beliau mengurus perusahaan gurita sosial media ini menjadi perusahaan yang profitable. Lha wong saya me-manage Idblognetwork aja rasanya sudah jumpalitan kok ^_^ #menjura

Selain Kartini-kartini diatas yang sosok, lirik lagu maupun aktifitasnya saya akui sebagai bagian dari sebuah lingkaran bernama EMANSIPASI, saya juga kagum dengan Bidan Bali Robin Lim, perempuan asal USA yang sangat peduli dengan memberikan perawatan prakelahiran, proses kelahiran dan bantuan medis secara gratis di Indonesia.

“Setiap napas pertama bayi di Bumi adalah kedamaian dan kasih. Setiap ibu seharusnya sehat dan kuat. Setiap kelahiran harus aman dan penuh kasih. Tetapi dunia kita belum sampai ke sana,” kata Lim, dalam malam penghargaan CNN Heroes 2011. Kereennn khan? She is truly an angel.

Yukk menjadi insiprasi bagi orang di sekitar kita.. Hidup ini sangat pendek tanpa diberi warna positif kehidupan.

 

30 thoughts on “RA Kartini & 1001 perempuan yang berpengaruh di dunia (sosial)media

      1. halo, waktu kecil saya diceritakan oleh om saya, kalau saya masih cicit dari R.M.P. Sosro Kartono, kalau memang benar, berarti kita saudara dong?

  1. Kalo menurut aku bukan 1001 mbak, akan tetapi 1002. Mengapa demikian? karena Mbak Rika termasuk salah satu diantaranya… Kok Bisa? ya bisalah karena mbak Rika juga membantu para Blogger untuk mendapatkan penghasilan melalui Blog dan Twitter dengan idBNnya (idblognetwork). Terima kasih ya mbak… salam hangat dari SlameTux ^_^

  2. RA Kartini menjadi kontroversi di media sosial pada saat hari kelahirannya diperingati beberapa hari lalu, dan ini sedikit menjawab mengapa kemudian RA Kartini yang dikukuhkan?

    Entahlah, tp yg saya yakin bahwa penentuan RA Kartini lebih bertujuan utk kebaikan bangsa. Siapapun saja, saya tetap mendukungnya. Selama untuk kebaikan. Meskipun akhirnya banyak yg terjungkal pada seremonial kering makna, tapi memperingatinya sebagai hari emansipasi tetep dibutuhkan…

    Salam buat cucu-cicitnya RA Kartini. Semoga perjuangannya diteruskan oleh generasi penerusnya. Amin.

    *sambil lirik mas radit*

    1. Hidup tanpa kontroversi ibarat makan tanpa garam, mas Gempur; Yang penting adalah bagaimana kita mengambil yang terbaik dan positifnya bagi diri kita sendiri. *Lirikannya disampaikan .. xixixi ^_^

  3. Akusih setuju banget ama coment teman2 semua. Klo mbak Mubarika patut di reco buat jadi wanita paling berpengaruh dibidang sosmed.

    Ojok meh neng sosmed wong tuwo lan mbahku ae kenal sama Mbak Mubarika, lek 10rb blogger plus keluargane ngevote pisan lah wake.

  4. Menurut saya ada yang harus di kritik sedikit mbak. Pada kenyataannya sekrang ini memang booming sekali Kartini dan euforia tentang nya. sehingga banyak artikel yang membahas beliau. seremonial pun makin menjamur. tapi justru nilai idealitas kartini sendiri tidak diaplikasikan. bahwa perempuan harus maju juga tanpa meninggalkan sang suami. kedua nya adlah partner. terkadang zaman ini ada sebagian perempuan yang ego y melupakan pesan kartini sendiri.

    maaf ikut berpanjang komentar mbak…
    salam dari Komunitas Blogger Jogja…

  5. Mbak. rika menurut saya salah satu orang yang sangat berpengaruh di media sosial, bayangkan saja setiap ada update terbaru dari mbak. rika semua blogger (termasuk saya) berbondong2 berkomentar hehehe

  6. dari apa yang saya baca di blog ini saya harus menambah 1 kartini lagi di dunia social media…she’s Mubarika Darmayanti…keep up u’r good work …

  7. saya adalah salah satu keturunan R.A Kartini ..
    saya tinggal di rembang …
    saya mengetahui pada saat di tunjukan silsilah R.A kartini dari keluarga2 kartini …
    maaf saya tidak bisa posting silsilah dlm bentuk foto ..
    karna itu privasy .. buat keluarga kartini …
    lebih lengkapnya bisa datang langsung ke museum kartini / kerumah saya ..
    sekian dan terima kasih …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.