Perubahan Iklim Bumi, Sudahkah Anda Peduli?

Perubahan Iklim Bumi, Sudahkah Anda Peduli?

As a blogger, I usually get an invitation from a variety of brands to attend their launching event of the latest product. The event usually begins with speeches, presentations, try the product,and then closed by door prizes ^_^

Namun mid September 2012 lalu ada undangan “unik”. Saya diundang oleh UNDP (United Nation of Development Program) untuk sumbang saran dan pikiran di Meetups dengan topik CLIMATE CHANGE.

Perubahan Iklim Bumi, Sudahkah Anda Peduli?


Woooww… ini sesuatu yang baru… Jujur sebenarnya saya ngga terlalu peduli dengan perubahan iklim. Tapi saat diskusi, ternyata banyak banget penyebab sepele perubahan iklim bumi kita tercinta ini.

Perubahan Iklim Bumi, Sudahkah Anda Peduli? - Blogger Indonesia
Perubahan Iklim Bumi, Sudahkah Anda Peduli? – Blogger Indonesia

Sebagai contoh, seorang blogger bernama Gener Wakulu yang menuangkan buah pikirnya disini mengungkapkan bahwa bumi pada 10 tahun lalu (berarti sekitar tahun 2000-an) suhu terpanas di Jakarta adalah 28 derajat celcius; Namun saat ini tahun 2012 sudah mencapai 33 derajat celcius.

Ada juga pergeseran cuaca, dimana musim panas lebih panjang dan musim hujan tak menentu. Ternyata hal itu semua mengakibatkan pergeseran musim tanam padi dan sebagainya.

Bahkan plastik ataupun sampah yang kita buang juga mengambil porsi sebagai penyebab perubahan iklim tersebut. Kurangi sampah. TITIK. Start with yourself. Selain Mba CeritaEka yang mengurangi sampah plastik dengan membawa tas belanja saat ke supermarket, saya juga berkomitmen untuk mengurangi belanja diapers sekali-pakai untuk baby Fatimah. Bila menggunakan diapers sekali-pakai, sehari bisa menghabiskan 8 diapers, yang berarti dalam sebulan akan menghasilkan sampah 248 diapers atau 2,976 setahun. Wahhh… bayangkan bila ada 10juta bayi T___T

Undangan ini benar-benar membuka mata dan pikiran. Sangat shock tapi membuahkan komitmen positif untuk diri sendiri. Kami yang hadir saat itu (terutama saya) berjanji untuk menyebarkan informasi ini kepada teman-teman dan juga sharing di blog. Semoga bermanfaat bagi kita ^_^

Perubahan Iklim Bumi, Sudahkah Anda Peduli?

 

 

 

5 thoughts on “Perubahan Iklim Bumi, Sudahkah Anda Peduli?

  1. Makin lama bumi kita makin rusak, karena ulah kia sendiri yg tidak peduli dengan kelestarian lingkungan. Buang sampah dan tebang pohon sembarangan. Menurut saya, harusnya setiap rumah diwajibkan memiliki ruang hijau (taman).

  2. Memberikan edukasi didalam lingkungan keluarga agar selalu memperhatikan menjaga kebersihan dan memperhatikan dampak lingkungan di sekitarnya adalah awal yang baik untuk kita bersama-sama menanggulangi perubahan iklim bumi yang kita diami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.